Jumat, 04 Mei 2012

Biografi Singkat Imam Muslim Bin Al Hajjaj

Nasab Beliau.
Beliau adalah Imam Abu Husain Muslim bin al Hajjaj bin Muslim al Qosiry dari Bani Qusair dan bani Qusair dari arab yang dikenal dengan naisabury Imam Ahli Hadits, dan beliau dari salah satu ulama dari pengahafal hadits, dan beliau juga merupakan pemilik musnad as-shohih dan shohih muslim.dan para ulama mengatakan bahwasannya shohih muslim merupakan pendamping shohih bukhari. Beliau dilahirkan pada tahun 240 dari hijrahnya Abu Qosim Shallahu alaihi wa sallam.
Perjalanan Beliau Di Dalam Menuntut Ilmu.
Dahulu Imam Muslim rahimahullah merupakan salah satu ulama dan pembesar yang kemampuan beliau dapat melebihi teman-temannya yang lain dan juga ahli didalam menghafal dan istiqomah dalam kehidupannya. Dan perjalanannya beliau didalam menuntut ilmu kepada para ulama daerah-daerah setempat ataupun negara negara yang lain.
Mendengar Hadits Pertama Kali.
Beliau mendengar hadits di negerinya tinggal pada tahun 218 Hijriah dari gurunya Yahya bin Yahya At Tamimi dan Qo’niby dan Ahmad bin Aunus dan Ismil bin Abi Ayus dan Said bin Mansyur dan Aun bin Salam dan Ahmad bin Hambal dan banyak lagi,.
Murid Yang Meriwayatkan Haditsnya.
Banyak para ulama yang meriwayatkan hadits dari Muslim, bahkan di antaranya terdapat ulama besar yang sebaya dengan dia. Di antaranya, Abu Hatim Ar-Razi, Musa bin Harun, Ahmad bin Salamah, Abu Bakar bin Khuzaimah, Yahya bin Said, Abu Awanah al-Isfarayini, Abi isa At-Tirmidzi, Abu Amar Ahmad bin Al-Mubarak Al-Mustamli, Abul Abbas Muhammad bin Ishaq bin As-Sarraj, Ibrahim bin Muhammad bin Sufyan Al-Faqih Az-Zahid. Nama terakhir ini adalah perawi utama bagi Syahih Muslim. Dan masih banyak lagi muridnya yang lain.
Karya-Karya Beliau.
Hakim berkata : sesungguhnya imam muslim mempunyai kitab diantaranya :
((Almusnad alkabir ala arijal )) ,dan aku tidak melihat bahwasanya beliau mendengarnya dari seseorang dan ((al jami’ala abwab )) dan aku hanya melihat sebagianya saja,(( walasmaa wal kaany)) , (( attamyiz )) dan (( alilal )) , (( Alwihdan )), (( Alafrad )) , (( Affran )), (( hadits Amru bin Syuaib)),(( Alintifaa bahibu siba’)), (( Masayaikh Malik)), (( ats-tsaury)), (( sualaat Ahmad bin hambal )) , (( auham muhadditsin )) dan masih banyak lagi yang laeny
Pujian Ulama Terhadap Beliau.
  1. Ishak bin Mansur al Kausaj pernah berkata kepada imam Muslim: “sekali-kali kami tidak akan kehilangan kebaikan selama Allah menetapkan engkau bagi kaum muslimin.”
  2. Muhammad bin Basysyar Bundar berkata; “huffazh dunia itu ada empat; Abu Zur’ah di ar Ray, Muslim di An Naisabur, Abdullah Ad Darimi di Samarkand, dan Muhammad bin Isma’il di Bukhara.”
  3. Muhammad bin Abdul Wahhab Al Farra` berkata; “(Muslim) merupakan ulama manusia, lumbung ilmu, dan aku tidak mengetahuinya kecuali kebaikan.”
  4. Ahmad bin Salamah An Naisaburi menuturkan; “Saya me lihat Abu Zur’ah dan Abu Hatim selalu mengutamakan Muslim bin Al-Hajjaj dalam perkara hadits shahih ketimbang para masyayikh zaman keduanya.
  5. Ibnu Abi Hatim mengatakan: ” Saya menulis hadits darinya di Ray, dan dia merupakan orang yang tsiqah dari kalangan huffazh, memiliki pengetahuan yang mendalam dalam masalah hadits. Ketika ayahku di Tanya tentang dia, maka dia menjawab; (Muslim) Shaduuq.”
  6. Maslamah bin Qasim Al Andalusi berkata; ” tsiqah, mempunyai kedudukan yang agung, termasuk dari kalangan para imam.”
  7. Abu Ya’la Al Khalili berkata; “dia sangat familier sekali untuk di sebutkan keutamaannya.”
  8. Al Khatib Al Baghdadi berkata; “(dia) merupakan salah seorang a`immah dan penghafal hadits.”
  9. As Sam’ani menuturkan; “termasuk salah seorang imam dunia.”
  10. Ibnul Atsir berkata; “termasuk salah seorang dari para imam penghafal hadits.”
  11. Ibnu Katsir berkata; “termasuk salah seorang dari para imam penghafal hadits.”
  12. Adz Dzahabi berkata; ” Imam besar, hafizh lagi mumpuni, hujah serta orang yang jujur.
Wafat Beliau.
Ibnu katsir mengatakan; khotib menyebutkan tentang kematian Imam Muslim, bahwasanya imam muslim mengadakan sebuah majlis untuk mengulangi pelajaran yang telah lalu ,dan seketiak itu beliau ditanya tentang sebuah hadits dan beliau tidak mengetahuinya ,kemudian beliau balik kerumahnya dan menyalakan sebuah cahaya atau lampu lalu beliau berkata kepada keluarganya : janganlah salah seorang masuk terhadapku ataupun menghadiriku pada malam ini, kemudian saya memberikan hadiah kepada beliau sekeranjang kurma tersebut berada di sebelah beliau kemudian beliau memakan segengam kurma dan dia mendapatkan satu hadits kemudian beliau memakan satu kuram lagi kemudian beliau mendapatkan satu hadits lagi dan senantiasa beliau seperi itu sampai datang subuh dan beliau telah menghabiskan satu ranjang kurma dan belaiu tidak terasa dan dikarenakan sebab itu beliau merasa berat di badanya dan beliau jatuh sakit. Dan beliau meninggal pada hari ahad pada sore hari dan kemudian ulama dunia dan yang mempunyai kitab shohih kedua setelah kitab Allah pada hari senin pada 25 rajab 261 H dan usia beliau ketika itu 57 tahun.
Referensi :
Imam muslim bin alhajjaj ,imam ahlussunnah wal jamaa’ah oleh Syeikh asy Syeikh kamil muhammad uwaidhoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar