Jumat, 27 April 2012

Mengenal Wing Chun


PDF Cetak
Yim Wing ChunWing Chun atau Ving Tsun adalah salah satu kungfu terkenal ciptaan Biarawati Shaolin Ng Mui pada tahun 1700-an. Beliau memadukan teknik-teknik terbaik dari Kungfu Tradisional Shaolin menjadi jurus yang sederhana dan efektif. Beliau lalu mengajarkan kungfu ini kepada Wing Chun yang kemudian namanya digunakan oleh Beliau sebagai nama dari seni kungfu ini.
Wing Chun hanya memiliki tiga bentuk tangan kosong yaitu Siu Lim Tao, Chum Kiu, dan Biu Gee. Setiap bentuk melatih murid dari pemula hingga tingkat lanjut secara berturut-turut. Praktisi Wing Chun juga berlatih Chi Sau dan latihan Boneka Kayu (Mok Yan Jong) untuk meningkatkan kecepatan refleks. Pukulan lurus dan serangan pada titik vital membuat Wing Chun menjadi kungfu yang sangat efektif.
Wing Chun sangat populer tidak hanya di China namun juga di negara barat karena jurus-jurusnya yang sederhana dan gampang dipelajari. Wing Chun diperkenalkan ke barat oleh Bruce Lee pada akhir 1960-an yang mana merupakan perkenalan paling berpengaruh tentang kungfu China diluar dari China. Hubungan Bruce Lee dengan kungfu Wing Chun merupakan faktor utama dalam kesuksesan Wing Chun secara terus menerus dalam beberapa tahun ini.
Wing ChunPara pendekar seni bela diri sangat menghargai kecepatan dan kesederhanaan materi serangan yang ditawarkan dalam Wing Chun. Kungfu ini menekankan pentingnya mengalahkan musuh dengan metode ketimbang kekuatan, menggunakan metode yang sesuai dengan situasi dan lawan tertentu sehingga kita dapat mengalahkan musuh dengan keahlian dan kecerdasan. Wing Chun menggunakan pernafasan chi yang efisien, teknik tangan yang berubah-ubah, kuda-kuda fleksibel, dan gerak langkah kaki yang bebas dan cepat.

Sumber: http://www.harimau-besi.com/index.php?option=com_content&task=view&id=12&Itemid=54

Tidak ada komentar:

Posting Komentar