Sabtu, 31 Maret 2012

Strategi Pemasaran Bisnis Penerbitan Buku

Anda tertarik mengelola bisnis penerbitan buku? tak ada salahnya jika Anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana strategi pemasaran penerbitan buku. Mengelola bisnis buku memang sedikit lebih menguntungkan dibanding dengan mengelola media cetak semisal majalah atau koran harian. Pasalnya jika barang tak laku dijual, untuk beberapa bulan bahkan tahun ke depan, produk buku masih tetap memungkinkan untuk dijual. Bandingkan dengan usaha bisnis majalah dan sejenisnya yang tergantung dengan momen dan tema, apabila tidak laku dijual pada waktunya, maka akan habis kadaluarsanya dan bisa diobral dengan harga yang sangat fantastis.

Sebelum mengelola sebuah penerbitan buku, maka hal yang paling penting terlebih dahulu Anda pikirkan adalah bagaimana strategi pemasaran penerbitan buku tersebut. Sekedar mencetak buku itu mudah, namun bagaimana menjual dan memasarkannya, ini yang menjadi persoalan utama dan sering memberi efek kebangkrutan pada beberapa pengelola penerbitan buku. Sebab khususnya di Indonesia, buk bukan lah kebutuhan utama yang harus dipenuhi tiap orang, orang masih lebih suka membeli makanan sebagai kebutuhan pokok dibanding dengan membeli buku yang dianggap kebutuhan sampingan. Hal ini tentu saja berbeda dengan negara maju yang menjadikan buku sebagai kebutuhan utama.
Apa saja strategi pemasaran penerbitan buku yang bisa Anda coba? Berikut ini beberapa cara menjual buku yang cukup efektif dan bisa Anda jalankan:
1. Audisi agen
Strategi pemasaran penerbitan buku melalui agen selama ini memang cara yang pemasaran yang paling banyak dilakukan oleh pihak penerbitan buku. Namun kendalanya sering kali adalah ketidak lancaran setoran hasil penjualan. Cara yang cukup efektif untuk mengatasi hal ini tentunya adalah dengan menyeleksi secara lebih ketat agen-agen yang ingin mendaftar di penerbitan Anda. Meskipun perusahaan Anda baru, namun jangan terlalu mudah menerima seorang agen, ingat juga saat ini banyak sekali terjadi kasus penipuan di bidang penerbitan.
2. Penulis membantu marketing
Strategi pemasaran penerbitan buku yang kedua bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan para penulis sebagai agen atau distributor buku. Para penulis mula biasanya akan lebih bertanggung jawab dan mampu menemukan konsumen buku mereka yang baru saja terbit. Berbeda dengan penulis senior yang biasanya sudah terbiasa bukunya dijualkan oleh penerbit. Memanfaatkan gaya penulisan buku antologi adalah cara pemasaran kreatif dengan memanfaatkan penulis sebagai tenaga marketing secara lebih luas dan terpercaya.
3. Jualan langsung secara online
Strategi pemasaran penerbitan buku yang selanjutnya adalah pihak penerbitan harus mau secara langsung menjual buku-buku mereka kepada konsumen tanpa melalui perantara. Jualan langsung yang cukup efektif bisa dilakukan secara online. Strategi pemasaran penerbitan buku dengan cara ini lebih simpel dan hasil keuntungan akan lebih besar dirasakan penerbit.
Beberapa strategi pemasaran penerbitan buku bisa Anda kombinasikan secara bersamaan untuk memperoleh hasil pemasaran yang lebih maksimal.

5 komentar:

  1. yah, ,makasih infonya.saya punya naskah siap cetak. judulnya 7 keajaiban remeja. masalah yg saya hadapi adalah dana untuk cetak buku. mungkin ada saran mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, sebenarnya saya sendiri sebenarnya punya masalah yang hampir sama. Mungkin sekedar saran dari saya dan semoga Alloh memberi kemudahan kepada kita, yaitu:
      1). hendaknya kita menjalin hubungan baik dengan penerbit, atau orang2 yg bisa memberikan kita kesempatan untuk berkreasi.
      2). mengirim naskah ke penerbit yang sesuai dengan visi dan misi karya tulis kita
      3). coba promosi melalui media2, seperti: blog, FB, ato selainnya
      4). dan jangan lupa berusaha, berdoa, dan beribadah

      Hapus
  2. Bisnis makin lancar kunjungi bit.ly/3q4vPdQ

    BalasHapus
  3. Untuk pemasaran Online kunjungi kami di https://bit.ly/3q4vPdQ

    BalasHapus
  4. Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    https://bit.ly/3q4vPdQ

    BalasHapus